Cara Konversi Rapor mutu PMP ke Excel

Saputro - Berikut ini kami akan berbagi tips cara konversi Rapor Mutu PMP ke Excel. Tips ini sengaja kami bagikan karena kami ingin berbagi manakala Sekolah dimana rekan-rekan Operator Sekolah bekerja ditunjuk menjadi sekolah Imbas dalam kegiatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Tahun pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 3 Kragan ditunjuk sebagai sekolah Imbas dengan sekolah model SMP Negeri 1 Kaliori. Sekolah imbas yang masuk dalam sekolah model SMP Negeri 1 Kaliori adalah: 
  1. SMP Negeri 3 Kragan, 
  2. SMP Negeri 2 Lasem, 
  3. SMP Negeri 3 Rembang, 
  4. SMP Negeri 1 Kragan dan
  5. SMP Negeri 2 Sarang.
Kegiatan SPMI ini terdiri dari 2 In dan 1 On. 2 in ini dilaksanakan pada bulan September dan Oktober, sedangkan On dilaksanakan pada bulan Nopember. Adapun tagihan yang harus dikumpulkan oleh sekolah Imbas adalah: 1) SK TPMPS, 2) Struktur TPMPS, 3) Rapor Mutu 2016 dan 2017, 4) LK, 5) Instrumen Pendampingan. Semua tagihan ini di print out di kertas A4 serta Soft file tagihan.

Untuk Mengunduh hasil Rapor Mutu ada 2 (dua) cara yaitu:
1. Cara pertama untuk mengunduh Rapor Mutu yaitu Login di link http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/.
  • Setelah masuk ke beranda PMP, berikutnya Klik Login  kemudian masukkan username dan Password yang sama dengan yang ada di aplikasi PMP Offline. Maka Halaman PMP akan mnucul.  
  • Untuk masuk ke menu PMP sekolah kita secara spesifik, klik panah bawah yang ada disamping nama operator, berikutnya klik profil sekolah.
  • Kemudian di menu sebelah kiri pilih Unduh Rapor Mutu
  • Pilih tahun rapor mutu yang ingin di Unduh (sebagai contoh pilih 2017) kemudian Pada Aksi pilih unduh rapor mutu.
  • Rapor mutu yang terunduh bila mengunduh dengan mengunakan link ini maka file yang terunduh berekstensi *.pmp.
2. Bila kita ingin mengunduh rapor mutu dengan format excel silahkan masuk melalui link http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/raporng/index.php.


  • klik Login
  • KLik tahun sesuai dengan Rapor Mutu yang ingin diunduh. Misal Tahun 2017

  • scroll ke bawah sampai mucul tulisan konversi ke format Excel


  • Berikutnya klik Unduh
Itulah tadi Tips langkah-langkah bagaimana mendownload rapor mutu PMP agar bisa digunakan sebagai bahan tagihan saat kegiatan SPMI 2018.
Sekian dari kami semoga bermanfaat. 
Diberdayakan oleh Blogger.