Model-model Pembelajaran Daring Masa Kini
Gimana kabarnya sahabat, sehat bukan?
Saat ini dunia sedang dilanda Pandemi Covid19, tidak hanya bidang kesehatan saja yang terkena dampak dari pandemi ini. Akan tetapi segala bidang kehidupan terkena imbasnya, termasuk bidang pendidikan. Pembelajaran disekolah yang tadinya diselenggarakan secara tatap muka (langsung), beralih ke dalam jaringan (daring). Pada kesempatan ini saya ingin menulis dan berbagi tentang "Model-model Pembelajaran Daring Masa Kini."
Sebelum kita membahas Model-model Pembelajaran Daring Masa Kini, kita bahasa terlebih dahulu definisi dari teori pembelajaran, model pembelajaran, dan strategi pebelajaran.
Teori pembelajaran adalah seperangkat konsep yang berkaitan dengan landasan filsafat, sejarah dan pandangan dalam kaitannya dengan proses pendidikan. Ada banyak sekali teori pembelajaran dan nampaknya setiap tahun jumlah ini akan terus bertambah. Meski demikian ada beberapa yang sangat populer dan penting untuk dipahami (Teori Behavioristik, Teori Kognitif, Teori Konstruktif, Teori Humanis, Teori Pembelajaran Abad 21).
Adapun Model Pembelajaran adalah sebuah Bentuk/bingkai/kemasan pembelajaran yang menggambarkan kegiatan dari awal sampai akhirpembelajaran disusun oleh guru atau fasilitator pendidikan. Model Pembelajaran ini mencakup makna yang jauh lebih luas daripada metode, strategi, teknik pembelajaran. metode pembelajaran adalah suatu cara penyampaian materi pembelajaran yang disusun secara sistematis serta terukur kepada peserta didik dalam suatu rangkaian kegiatan mengajar guna mencapai tujuan yang ditetapkan. Contoh metode pembelajaran antara lain teacher centered method dan student centered method.
Berikutnya teknik pembelajaran adalah upaya dari guru untuk menerapkan strategi pembelajaran yang sudah ditetapkan pada suatu proses pembelajaran dengan keadaan khas. Ada jutaan teknik pembelajaran, tergantung dari karakter guru(dari cenderung tidak terkait secara erat dengan kurikulum, namun lebih kepada gaya khas seorang guru sebagai penyaji materi, sumber belajar dan fasilitator pendidikan).
Sedangkan strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan dan pelaksanaan yang bersifat sistematis untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Strategi pembelajaran bisa dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu exposition-discovery learning dan group-individual learning. Sedangkan bila dilihat dari cara pengolahan dan penyajiannya, strategi pembelajaran bisa dibedakan menjadi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.
Dalam pembelajaran perlu digunakan pendekatan pembelajaran antaran seorang guru kepada siswanya. Pada hakikatnya pendekatan pembelajaran adalah cara seorang guru dalam melaksanakan metode secara terperinci dan lebih detail. Dibading metode pembelajaran, pendekatan pembelajaran lebih kepada tindakan guru dalam melakukan suatu pembelajaran secara khusus, seperti contoh dalam suatu momen dimana harus lebih berbeda dari hari biasanya.
Contoh model pembelajaran masa kini:
1. Discovery Learning, model pembelajran yang memiliki karakter dan sintak sebagai berikut:
- memberi stimulus
- mengidentifikasi masalah
- pengumpulan data
- mengolah data
Gb. Model Pembelajaran Masa Kini. |