Game Base Learning Pada Pembelajaran Informatika Terintegrasi Kearifan Lokal Provinsi jawa Tengah

Pembelajaran Inovatif

Saya percaya bahwa pembelajaran yang baik adalah pembelajaran bermakna bagi peserta didik. Pembelajaran yang mengimplementasikan hal-hal yang dalam keseharian mereka dalam suatu proses kegiatan belajar mengajar yang mampu mereka resapi. Pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan mereka sehari-hari sehingga benar-benar memberikan makna yang dalam pada setiap konsep yang diajarkan didalam kelas.

Berangkat dari kepercayaan bahwa pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang bermakna. Nah... Saya memiliki sebuah praktik baik disekolah saya dikelas yang saya ampu. Terkait dengan penerapan Game Base Learning pada pembelajaran informatika materi analisis data dengan memanfaatkan fitur sumber rumah belajar di portal rumah belajar terintegrasi kearifan lokal provinsi jawa tengah.

Pembelajaran berbasis game adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan yang dirancang khusus membantu proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis game atau Digital based learning merupakan pembelajaran berpusat pada pembelajar yang menggunakan game-game elektronik untuk tujuan Pendidikan.

Langkah-langkah pembelajaran berbasis game yaitu sebelum memulai pembelajaran guru terlebih dahulu mengidentifikasi game yang akan peserta didik mainkan. Selanjutnya kaitkan materi pembelajaran yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Pada bagian ini guru diharapkan untuk melibatkan peserta didik secara aktif menceritakan kehidupan sehari-harinya berkaitan dengan materi yang akan disampaikan.

Setelah peserta didik berhasil mengkonstruksi konsep dasar berdasarkan kehidupan sehari-hari selanjutnya guru memberikan pengetahuan awal terkait materi yang akan dipelajari. Kemudian guru menyampaikan beberapa hal tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui game yang akan mereka mainkan. 

Sebelum peserta didik memulai untuk memainkan game. Terlebih dulu guru akan menerangkan beberapa peraturan yang harus mereka perhatikan dalam memainkan game.

Game elektronik pada pembelajran kali ini terdiri atas 3 level. Level 1 peserta didik harus menentukan alat ukur yang mereka gunakan. Level kedua peserta didik harus memilih benda yang sesuai dengan alat ukur yang mereka pilih. Dan yang ketiga peserta didik harus menentukan hasil ukur berdasarkan alat dan benda yang mereka pilih.

Selanjutnya mulailah peserta didik memainkan game elektronik yang telah disediakan. Kegiatan selanjutnya peserta didik mengumpulkan beberapa informasi dari hasil bermain game.

Setelah beberapa informasi telah dikumpulkan dari hasil bermain game, selanjutnya peserta didik diberikan tugas atau Latihan dalam bentuk lembar kerja siswa.

Semoga praktik baik kami ini bisa memotivasi dan memberikan inspirasi bagi sahabat semuanya dalam mengelola kelas digital yang menyenangkan.  


#PusdatinKemendikbudristek #MerdekaBelajar #PembaTIK2022 #DutaTeknologiKemendikbudristek #RumahBelajar2022  #PlatformMerdekaMengajar #BerbagiTIK

Diberdayakan oleh Blogger.