IHT Sekolah Gemilang melalui SEKOTENG Rumah Belajar Bersama SMPN 3 Rembang
Dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan pelayan pendidikan di lingkungan SMP Negeri 3 Rembang. Selain itu juga mendukung visi Misi Bupati Rembang yaitu digitalisasi sekolah melalui program sekolah gemilang. Dalam program kerjanya akan mengadakan kegiatan In House Training atau IHT.
Alhamdulillah pada Sabtu legi, 6 Nopember 2021program kerja dapat terimplementasikan melalui kegiatan IHT Implementasi Sekolah Gemilang melalui SEKOTENG Rumah Belajar. Adapun apa itu Sekolah Gemilang dan Sekoteng rumah belajar, silahkan sahabat bisa membaca tulisan kami sebelumnya.
Sejumlah 48 (empat puluh delapan) peserta yang terdiri dari bapak/ibu guru serta para staff administrasi SMP Negeri 3 Rembang mengikuti kegiatan IHT Implementasi Sekolah Gemilang melalui SEKOTENG Rumah Belajar. Adapun tujuan utama dari kegiatan ini agar bapak/ibu guru dan staff menjadi lebih menganl rumah belajar dan tentunya bisa mengaplikasikan ke peserta didik SMP Negeri 3 Rembang.
Dalam kesempatan ini kami mengenalkan fitur-fitur yang ada di portal rumah belajar beserta pemanfaatannya. Secara garis besar fitur rumah belajar terdiri dari fitur utama dan fitur pendukung. Fitur utama terdiri dari: kelas maya, sumber belajar, bank soal, laboratorium maya. Sedangkan fitur pendukung terdiri dari: Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Blog Pena, Edugame, Augmented Reality.
Fitur kelas maya merupakan sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan dimana saja.
Adapun fitur sumber belajar merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar yang disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video dan laman interaktif.
Sedangkan fitur bank soal merupakan fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan bedasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan dan ujian.
Fitur utama berikutnya adalah laboratorium maya. Laboratorium maya merupakan fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembarkerja siswa dan teori praktikum.
Sebagai pendukung dari fitur utama, rumah belajar juga memberikan fitur pendukung yang membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih menyenangkan dan menghangatkan sebagai mana kita menikmati SEKOTENG (Santai, Efektif, KOlaboratif, TErampil, Nalar Kritis dan Gembira).
Peta Budaya, merupakan fitur pendukung rumah belajar yang menampilkan kumpulan sejarah, budaya serta tradisi Indonesia. Konten dalam peta budaya dapat digunakan juga sebagai kegiatan literasi siswa di kelas. Pendidik tinggal mengarahkan peserta didik untuk mengakses fitur peta budaya dalam rumah belajar. Konten-konten tersebut dapat juga diunduh untuk digunakan sebagai media pembelajaran secara luring.
Setelah kita jalan-jalan keliling Indonesia untuk melihat budaya dan tradisinya yang beraneka macam, selanjutnya kita juga bisa menjelajahi semesta tanpa menggunakan teleskop. Wahana Jelajah Angkasa merupakan salah satu layanan yang hadir di portal rumah belajar sebagai alternatid sumber belajar untuk menemukan segala keajaiban dan keindahan luar angkasa.
Selain portal rumah belajar dapat digunakan sebagai pembiasaan literasi baca tulis di sekolah yaitu melalui fitur karya bahasa dan sastra.Fitur karya bahasa dan sastra merupakan fitur yang ada di portal rumah belajar buku-buku digital (e-book) mengenai bahasa dan sastra untuk jenjang pendidikan SD/MI, SMP?MTs, SMA/MA dengan kategori prosa, puisi dan literatur yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung literasi teknologi atau literasi digital dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
Pembelajaran gembira pun dapat terwujud dengan belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar. Edugame merupakan fitur yang menyediakan beragam game interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau orang tua. Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.
Rumah belajar juga terus melakukan inovasi dan pengembangan dalam pembuatan konten pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Hal ini terlihat dengan hadirnya fitur baru yaitu Augmented Reality. Dengan hadirnya fitur ini kemerdekaan dalam belajar tercapai dengan cara menghilangkan batas-batas ruang dan waktu dalam menuntut ilmu. Fitur Augmented Reality merupakan media pembelajaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melihat obyek-obyek 2d atau 3d yang diproyeksikan terhadap dunia nyata.Fitur-fitur tersebut kami sampaikan di SMPN 5 Rembang dalam kegiatan IHT Sekolah Gemilang melalui Sekoteng Rumah belajar. Respon terhadap kegiatan ini sangatlah baik dan responsif sekali terhadap interface maupun pemanfaatan rumah belajar.
Dipenghujung penyampaian materi sosialisasi rumah belajar kami tutup dengan game online Kahoot sebagai pendukung gaya belajar generasi digital.