Tugas Guru Penggerak - Koneksi Antar Materi Modul 1.2. Nilai Dan Peran Guru Penggerak

Sebelumnya perkenalkan saya Eko Adi Saputro, Calon guru penggerak Angkatan 10 Kabupaten Rembang. Pada tulisan kali ini saya akan akan menyimpulkan materi modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Model 1.1. hingga modul 1.2. ini ada beberapa hal yang menjadi pembelajaran bagi saya:



1. Peristiwa

Materi pada modul 1.1. tentang pemikiran dan filosofi KHD mengharapkan kita sebagai guru dalam pembelajaran harus berpihak pada murid, menerapkan merdeka belajar, menuntun anak didik sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya. Kita sebagai pemimpin pembelajaran juga harus memberi teladan yang baik (ing ngarso sung tuladha), membangun dan memberi motivasi (ing madya mangun karsa) dan memberi dorongan semangat (tut wuri handayani) kepada peserta didik dan lingkungan sekitar. 

Pada modul 1.2. membahas terkait nilai dan peran guru penggerak. Setelah pembahasan materi di modul ini saya mendapatkan pencerahan tentang penerapan nilai-nilai yang harus ada pada seorang guru. Hal ini lebih diperjelas dengan diskusi dan sharing dengan teman-teman CGP tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak. 

Keterkaitan materi modul 1.1 dengan modul 1.2 menurut saya adalah kita sebagai guru dalam membimbing/menuntun anak sesuai kodratnya harus kita dasari dengan penerapan nilai-nilai dan peran kita sebagai among/pemimpin pembelajaran.

2. Perasaan

Saat momen itu terjadi saya merasa sejuk mendapatkan pencerahan, ternyata penerapan nilai-nilai dan peran guru dalam pembelajaran sangat penting untuk memberi motivasi dan menuntun anak didik kita untuk mencapai kebahagiaan mereka setinggi-tingginya.

3. Pembelajaran

Sebelum momen tersebut terjadi selama ini saya berpikir bahwa saya telah memberikan segalanya yang terbaik untuk anak didik saya, namun setelah mempelajari materi di modul 1.1. dan 1.2. ternyata baru sebagian kecil yang telah saya lakukan. Selanjutnya saya harus dapat melaksanakan dan menerapkan peran dan nilai-nilai seorang guru kepada anak didik saya.

4. Penerapan Ke depan

a. Pembelajaran yang berpihak pada murid
    Membuat pembelajaran yang mengutamakan kebutuhan murid, menciptakan suasana pembelajaran 
    yang menyenangkan serta berinovasi.
b. Mandiri
    Mengikuti berbagai pelatihanuntuk menunjang profesi kita sebagai guru sehingga dapat
    diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah dan bermanfaat bagi teman sejawat.
c. Kolaboratif
    Berupaya melakukan kolaborasi dengan banyak teman sejawat baik untuk eningkatkan inovasi dalam
    pembelajaran maupun dalam semua kegiatan sekolah.
d. Reflektif
    Merefleksi diri dengan bertanya pada peserta didik, merefleksi diri sendiri terkait kegiatan yang
    sudah dilakukan, dan melakukan refleksi diri dengan bertanya pada teman sejawat
e. Inovatif
    Terus memunculkan ide atau gagasan segar dan tepat guna dan  merancang model pembelajaran
    yang bervariasi sesuai dengan karakteristik murid dan perkembangan teknologi.

Semoga refleksi yang kami berikan ini bisa menjadi acuan bagi pengembangan diri kami terkait nilai dan peran guru penggerak.

Diberdayakan oleh Blogger.